Jumat, 27 Februari 2009

ilmu alam

PANJANG : Pertama berupa sebatang platina PLATINA IRIDIUM yang disimpan di THE INTERNATIONAL BUREU of WEIGHTS AND MEASURES – Sevres (dekat Paris), berupa jarak antara dua goresan pada batang tersebut, sehingga jarak Kutub Utara ke Khatulistiwa lewat Paris adalah 10 Juta meter.

Dalam pertemuan ke 11 Konferensi Umum Mengenai Berat dan Ukuran th 1960 dengan berbagai pertimbangan diputuskan :Menggunakan standart ATOMIK berupa gelombang cahaya gas Krypton-86 (Kr-86) dengan ketentuan 1 meter adalah 1.650.763,73 panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan atom-atom gas Kr-86 dalam ruang hampa pada satuan loncatan listrik.


Pada tahun 1983 diadakan perubahan lagi :Satu meter adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa pada selang waktu : 1/299.792.458 sekon


Karena kecepatan cahaya adalah 299.792.458 m/s dianggap tetap.


MASSA : Sampai dengan saat ini masih digunakan massa sebuah silinder PLATINA IRIDIUM yang disimpan di Lembaga Berat dan Ukuran Internasional – Sevres (dekat Paris).


WAKTU : Semula 1 sekon didefinisikan sebagai : 1/60 x 1/60 x 1/24 rata-rata lama matahari.


Yang berlaku kini : Kini 1 sekon dikaitkan dengan frekuensi cahaya yang dipancarkan oleh atom Cesium.


Didefinisikan 1 sekon adalah selang waktu yang diperlukan atom Cesium 133 untuk melakukan getaran sejumlah 9.192.631.770 kali, sehingga akan mengalami ralat 1 detik selama 6000 tahun.


Kembali ke halaman Besaran dan Satuan







2008-04-05 17:37:51 GMTComments: 0 |Permanent Link
Entry for April 5, 2008

Besaran dan Satuan




1. Pendahuluan


Sains berasal dari bahasa latin yang berarti “mengetahui”, seiring dengan perkembangan jaman sains tidak sekedar pengetahuan, tetapi pengetahuan yang mengutamakan tentang dunia alamiah. Paling penting di sini adalah pengetahuan itu diatur dengan cara yang sistematis dan rasional.


Kita berpikir sains terbagi-bagi menjadi beberapa bidang yang terpisah namun masih saling berhubungan. Sebagai contoh, biologi merupakan studi tentang makhluk hidup, kimia berhubungan dengan interaksi unsure-unsur dan senyawa-senyawa, geologi merupakan studi tentang bumi. Astronomi adalah studi tentang tata surya, bintang, galaksi dan alam semesta sebagai satu kesatuan. Fisika berhubungan dengan materi dan energi dengan hokum-hukum yang mengatur gerakan partikel dan gelombang, dengan interaksi antar partikel dan dengan sifat-sifat molekul, atom dan inti atom, dan dengan system-sistem berskala lebih besar seperti gas, zat cair dan zat padat. Dari sinilah maka fisika dianggap sebagai sains atau ilmu pengetahuan yang paling fundamental merupakan dasar dari semua bidang sains yang lain.


2. Besaran, Satuan dan Dimensi


Hukum-hukum fisika menyatakan hubungan antara besaran-besaran fisik, seperti panjang, waktu, energi dan suhu. Apakah besaran itu? Pengertian besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dalam angka. Dari pengertian besaran tersebut maka dikenal dengan besaran pokok dan besaran turunan.



Apa saja BESARAN POKOK itu? Mari kita lihat tabel berikut:













































BESARAN POKOK



DIMENSI



SATUAN



DISINGKAT



Panjang



L



meter



m



Massa



M



kilogram



kg



Waktu



T



sekon



s



Kuat Arus Listrik



I



Ampere



A



Suhu





Kelvin



K



Jumlah Zat



N



mol



mol



Intensitas Cahaya



J



Candela



Cd



Tabel 1. Besaran Pokok.


Baca dulu Contoh besaran standar.


Jika Anda telah baca Contoh besaran standart pendefinisian suatu besaran tak lepas dari kemajuan yang dicapai manusia saat itu.


Bersambung..........



2008-04-05 17:26:09 GMTComments: 0 |Permanent Link
ILMU ALAM ........... Fisika
photo

Fisika merupakan ilmu fundamental yang menjadi tulang punggung bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kontribusi fisika pada disiplin ilmu lain mendorong laju perkembangan cabang-cabang ilmu baru. (sumber : Kata Pengantar, FISIKA UNTUK SMA KELAS X, Supiyanto)

Sebagai ilmu fundamental semua yang dibicarakan dalam fisika merupakan fenomena alam yang ada di sekitar kita. Dan akan menjadi sesuatu yang menarik bila bisa tahu lebih banyak tentang fisika.

Dengan fisika kita akan tahu pula.... Kebesaran ALLAH Sang Pencipta jagad raya ini.... ALLAH HU AKBAR....

Bersambung.............

Blog ini masih dalam penyusunan. Namun masukan, saran dan kritik anda saya tunggu untuk penyempurnaan blog ILMU ALAM.

Saya tunggu komentar anda tentang blog ILMU ALAM dengan klik Comment atau kirim email ke ikasetyo_w@yahoo.com

dan kunjungi http://geocities.com/ikasetyo_w/index.html

Salam hangat dari saya.....

Ika Setyowati, S.T

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda